Ventriloquisme atau Ventriloquism adalah seni berbicara tanpa
menggerakkan bibir. Berasal dari kata
Latin venter yang berarti perut, loqui yang berarti berbicara, dan ism yang berarti ilmuatau paham,
ventriloquisme sering pula diartikan sebagai ilmu atau keterampilan berbicara
dari perut.
Orang
yang dapat menggunakan ventriloquism disebut sebagai ventriloquis,
yaitu seorang yang ahli berbicara atau bersuara sedemikian rupa sehingga
seolah-olah berasal dari sesuatu atau orang lain atau bahkan bersuara dari
tempat yang agak jauh. Dalam bahasa Indonesia dikenal juga sebagai ahli suara
perut atau ahli sulap suara.
Seni
ventriloquism dapat digunakan untuk menghibur, mengajar, serta berpromosi.
Pertunjukan seorang ventriloquis digemari mulai dari anak-anak sampai
dengan orang tua karena pada umumnya dibawakan dalam bentuk komedi.
Ventriloquism
di mata masyarakat umum dikenal dengan istilah suara perut. Istilah ini
sebenarnya menyesatkan karena seolah sang ventriloquis memakai perutnya untuk
berbicara.
JENIS
Ada dua jenis
ventriloquism, yaitu:
1. Near Ventriloquism atau suara perut jarak dekat. Suara
perut jarak dekat digunakan pada saat seorang ahli suara perut/sulap suara (ventriloquis)
menggunakan keahliannya untuk membuat satu (atau lebih) boneka atau benda yang
berada di dekatnya untuk dapat mengeluarkan suara atau bahkan berbicara.
2. Distant Ventriloquism atau suara perut jarak jauh. Suara
perut jarak jauh digunakan pada saat seorang ahli suara perut/sulap suara (ventriloquis)
menggunakan keahliannya untuk membuat suara yang seolah-olah berasal dari
tempat yang jauh atau dari ruangan yang lain.
SEJARAH
Awalnya, ventriloquis
adalah praktik keagamaan. Nama berasal dari bahasa Latin untuk berbicara dari
perut. Orang-orang Yunani menyebut gastromancy (bahasa Yunani:
εγγαστριμυθία). Suara-suara yang dihasilkan oleh perut dianggap menjadi
suara-suara arwah/orang mati yang mengambil tempat tinggal di perut para
ventriloquis. Ventriloquis kemudian akan menafsirkan suara, karena mereka
dianggap mampu berbicara kepada orang mati, serta meramalkan masa depan. Saat
itu, para penganut animisme tersebut memercayai jika para pendeta kuil itu
dapat membuat orang mati berbicara.
Salah
satu kelompok tercatat paling awal yang memanfaatkan teknik ini adalah Pythia (bahasa Yunani:
Πυθία), seorang pendeta wanita di kuil Apollo di Delphi, yang bertindak
sebagai saluranOrakel Delfi.Pythia. Pythia (Python) kemudian menjadi salah
satu kata yang paling umum digunakan di Yahudi klasik dan Kristen mula-mula menunjuk satu perbuatan
nujum (peramal masa depan). Beberapa versi bahasa Inggris awal Alkitab untuk
menerjemahkan kata gastromancy dalam Septuaginta di Kisah Para Rasul, yaitu
mengenai seorang perempuan yang mempunyai roh yang dapat berbicara mengenai
masa depan.
Salah
satu gastromancer (pendeta kuil yang memakai ventriloquis) paling sukses adalah
Eurykles, seorang pendeta kuil di Athena, dalam bukunya disebut Euryklides yang dihormati oleh para gastromancer. Pada Abad Pertengahan, ventriloquism
dianggap sebagai sihir. Namun pada abad ke-19, ventriloquism lebih diterima
sebagai pertunjukan panggung. Dengan bermunculan para ventriloquis dunia,
ventriloquism tidak dipakai lagi dalam praktik keagamaan.
PERKEMBANGAN DI DUNIA
MODERN
Di masa modern,
ventriloquism lebih dikenal seni hiburan panggung di klub malam, pertunjukan
sulap, acara TV, dan lain-lain yang berhubungan dengan hiburan. Biasanya pemain
duduk di bangku dengan boneka (terbuat dari kayu, kain, atau karet) ada di
pangkuannya atau ada di atas meja tinggi. Sang ventriloquis melontarkan
humor-humor dan ada juga yang bernyanyi. Mereka merupakan aktor tunggal, karena
semua suara merupakan suara ventriloquis itu sendiri.
Popularitas
ventriloquism sempat menyusut untuk sementara, termasuk Indonesia. Namun karena
kemampuan media elektronik modern untuk menyampaikan ilusi suara, efek khusus,
hingga perlombahan bakat, sejumlah ventriloquism modern mulai berkembang.
PERKEMBANGAN DI
INDONESIA
Seni ini masuk ke Indonesia dibawa oleh orang-orang Belanda pada saat penjajahan Belanda. Mereka
kemudian mengajarkannya kepada beberapa orang Indonesia. Salah satu di
antaranya adalah Almarhum Bapak Marijoen V. M. (dengan bonekanya, Koko). Bapak
Marijoen pada tahun 1980-an menulis sebuah buku yang membahas seni ventriloquism.
Ventriloquis yang terkenal di Indonesia adalah Gatot Sunyoto (dengan Tongki).
Dengan
semakin maraknya acara Reality Show pada tahun 2000-an di televisi, maka
beberapa ventriloquis, seperti Jerry Gogapasha dan Budi HaHa, menjadi sering mengisi
acara-acara di televisi. Antara lain dalam acara Gong Show, Laptop Si
Unyil, Master Hipnotis, Idola Cilik, Indonesia Mencari Bakat, Indonesia's Got Talent, dll. Dengan
demikian seni ini dapat lebih dikenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia.
Ada
satu yang mirip-ventriloquis, ia adalah Ria Enes dengan boneka Susan (dikatakan mirip
karena Ria Enes lebih sering terlihat bergerak
bibirnya pada saat Suzan berbicara). Namun Ria mendukung perkembangan ventriloquism
Indonesia. Ia juga tergabung dalam beberapa grup ventriloquis dalam jejaring
sosial di Internet.
Seni ventriloquism belum berkembang pesat di Indonesia. Walau demikian
ada beberapa ventriloquis yang senantiasa berupaya untuk
menggunakan kemampuannya ini.
DAFTAR VENTRILOQUIST
INDONESIA
Beberapa ventriloquis yang
terkenal di kota-kota tertentu antara lain adalah sebagai berikut:
· Jakarta: Gatot Sunyoto (dengan
Tongki), Anne Kartawijaya (dengan
Apit), dan Ivonne (dengan Hayhay), Mas Adit.
· Bandung: Alm. Mr. Robbin (dengan
Charlie) dan Budi HaHa (dengan
Chocho, Ditto, Si Dola, dan Si Ola)
·
Surabaya: Jerry Gogapasha (dengan
Pico (Burung Lucu))
·
Yogyakarta: Raditya Adipramono
(dengan Joni, Ola, Pak Dhe Sukur, dan Otan)
·
Tangerang: Imin (Fozzy)
MIMIK WAJAH &
SUARA
Seorang
ventriloquis profesional akan tetap menampilkan mimik wajah yang normal dan
kedua bibirnya tampak hanya sedikit terbuka, terkadang senyum. V. M. Marijoen. Ventriloquis pemula akan tampak
kesulitan saat mengatakan bunyi huruf-huruf mati yang menggunakan bibir, yaitu
bunyi huruf: f, v, b, p, dan m. Namun dengan latihan yang tepat, tentu siapapun
yang masih mempunyai lidah dan suara tentu dapat menjadi seorang ventriloquist.
BONEKA
VENTRILOQUIST
Ventriloquis
modern memanfaatkan berbagai jenis boneka dalam pertunjukan mereka, mulai dari
kain lembut atau busa, hingga boneka karet fleksibel. Bentuknya bermacam-macam,
ada boneka lengkap, setengah badan, boneka binatang hingga bentuk aneh dan lucu
lainnya. Boneka ventriloquis klasik yang digunakan oleh ventriloquis bervariasi
dalam ukuran mana saja dari dua belas inci sampai seukuran manusia, dan yang
lebih besar. Secara tradisional, boneka jenis ini telah dibuat dari bubur
kertas atau kayu. Namun, di zaman modern, bahan lain yang sering digunakan,
termasuk fiberglass-diperkuat-resin, karet lateks, dll.
FOBIA
BONEKA VENTRILOQUIST
Fobia
adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Jika
dikaitkan dengan ventriloquis berarti orang yang fobia terhadap boneka
ventriloquis. Fobia jenis
ini disebut automatonophobia. Ini juga termasuk takut boneka lilin atau makhluk
animatronik. Penyebabnya mungkin karena penakut, membaca buku horor yang
berkaitan dengan ventriloquis (misalnya Goosebumps), atau karena menonton film
tentang boneka ventriloquis yang hidup seperti pada film Dead
Silence.
1 komentar:
Best Casino Hotel In Las Vegas - Mapyro
The 광명 출장샵 only place to play the game with 대구광역 출장샵 a hotel is 구미 출장안마 at a casino. With more than 2500 hotel 하남 출장마사지 rooms, the casino's amenities include a Jacuzzi and an outdoor pool. 시흥 출장마사지
Posting Komentar